Gubernur: Freeport harus utamakan keselamatan pekerja

gubernur papua, lukas enembe menyewa pt freeport indonesia mengutamakan keselamatan semua orang dan bekerja di area perusahaan tambang emas, tembaga itu.

lukas enembe kepada wartawan dalam timika, jumat mengatakan banyaknya jumlah korban meninggal akibat runtuhnya fasilitas latihan tambang bawah tanah big gossan di selasa (14/5) merupakan sejarah masih kepada freeport dan telah puluhan tahun beroperasi di mimika, papua.

kejadian ini adalah sejarah pada puluhan tahun freeport banyak. angka korban cukup banyak, papar lukas.

lukas enembe yang baru lebih daripada dua bulan menjabat gubernur papua kurun waktu 2013-2018 mengingatkan jajaran freeport untuk lebih mengetahui semua masukan dari pemerintah dan kaum tokoh warga.

Informasi Lainnya:

dengar kita bicara, serta tua-tua agar semua mampu jalan bagus, tutur lukas.

pemerintah provinsi papua, ujarnya, mengatakan ikut berduka cita atas mengakibatkan sederat pekerja pt freeport serta perusahaan kontraktornya akibat runtuhnya fasilitas latihan tambang bawah tanah big gossan.

ucapan duka cita dan sama diutarakan pada keluarga kaum korban dan meninggal.

ketua komisi b dprd mimika, wilhelmus pigai menilai peristiwa runtuhnya fasilitas pelatihan tambang bawah tanah big gossan di area kerja pt freeport yang menimpa 39 pekerja bukanlah kejadian dapat, sementara luar biasa.

kita jangan anggap enteng, ini kejadian luar biasa sebab korban begitu ada. ini adalah tragedi kemanusiaan, kata wilhelmus.

ia tinggal mendesak dilaksanakan investigasi independen kepada insiden runtuhnya fasilitas tempat latihan tambang bawah tanah pt freeport itu serta perusahaan wajib menggarap evaluasi dengan menyeluruh sistem keamanan tambang bawah tanahnya.

wilhelmus menyampaikan amat mendukung penutupan ternyata berbagai aktivitas pertambangan pt freeport agar perusahaan lebih mengutamakan proses evakuasi lebih dari 20 pekerja yang masih terkubur pada dalam reruntuhan terowongan big gossan.

dari 15 pekerja dan sudah ditemukan, sebanyak lima orang keduanya meninggal dunia. mereka merupakan mateus marandof, selpianus edoway, yapinus tabuni, aan nugraha juga rooy kailuhu. empat pekerja dari 10 pekerja dan selamat mesti menjalani perawatan lanjutan pada jakarta karena kondisinya masih kritis.

pt freeport menyampaikan upaya pencarian dan evakuasi para pekerja masih terus dilaksanakan hingga saat ini. presiden direktur pt freeport, rozik b. soetjipto bersama direktur jenderal mineral serta batubara thamrin sihite sudah tiba pada tembagapura sejak kamis (16/5) agar melihat segera upaya evakuasi kaum korban serta mengunjungi korban dan masih dirawat di rumah sakit tembagapura.