Indonesia antisipasi virus H7N9

indonesia melalui kementerian pertanian (kementan) menggarap sederat cara agar mengantisipasi meluasnya penyebaran virus flu burung h7n9 dan saat ini tengah mewabah dalam china.

kepala badan penelitian dan pengembangan (litbang) pertanian kementerian pertanian haryono di jakarta, selasa mengatakan kiranya kejadian wabah h7n9 pada china mengingatkan pada wabah flu burung h5n1 dan terjadi pada indonesia dalam 2003 serta menyebabkan kematian jutaan ekor unggas bahkan manusia di 2005 sampai 2011.

selain tersebut, lanjutnya, dan mengingatkan di wabah flu burung h5n1 clade 2.3.2 selama itik diantara bulan oktober-desember 2012.

virus h7n9 selama unggas pada indonesia belum teridentifikasi, namun dengan tingginya 2012 lintas manusia serta perdagangan negara, termasuk migrasi burung liar, maka kewaspadaan akan masuk serta menyebarnya virus ini pada indonesia usah ditingkatkan disertai tindakan preventif juga kesiagaan dini, ujarnya pada diskusi mengenal juga mewaspadai virus flu burung h7n9.

Informasi Lainnya:

menurut dia, indonesia mempunyai sarana laboratorium toko boneka supaya diagnosa penyakit hewan yang mampu menguasai teknik deteksi virus ai h7n9 secara cepat dan akurat. dengan demikian,jika ada virus ai baru serta bermutasi gen dapat segera dikenal.

kita koordinasikan dengan ditjen peternakan kesehatan hewan serta kementerian terkait sehingga bersegeralah bisa dilaksanakan aksi pencegahan dan pemberantasan, ujarnya.

selain tersebut badan litbang pertanian serta berkoordinasi melalui badan karantina pertanian juga dinas peternakan provinsi agar mensosialisasikan bahaya virus flu burung h7n9.

haryono mengatakan, ketika ini kementan sudah melarang impor ternak selama jenis unggas hidup atau koleksi unggas yang lain semisal di bentuk daging serta bulu unggas untuk mengantisipasi masuknya virus flu burung itu.

sementara itu ketua komisi nasional pengendalian zoonosis emil agustiono yang dan deputi iii menkokesra menyatakan, pemerintah membentuk tim tanggap darurat guna mengantisipasi penyebaran virus flu (burungavian influenza/ai) macam h7n9.

virus masih tersebut bersifat zoonosis alias cukup mematikan selama manusia, ujarnya.

sedangkan direktur pengendalian penyakit bersumber binatang kementerian kesehatan andi muhadir menyatakan, sudah 126 manusia dan terpapar virus ai h7n9 dalam republik rakyat china (rrc). dalam antara itu, 30 orang tersebut meninggal dunia.

menurut dia, pihaknya mempersiapkan 2,6 juta butir obat agar menyembuhkan korban yang terpapar ai.