Uranium Mamuju jadi incaran negara lain

pakar ekonomi dari universitas hasanuddin, makassar, sulawesi selatan, syarkawi rauf, mengatakan uranium daripada tambang selama kabupaten mamuju, sulawesi barat, kini adalah incaran beberapa negara-negara lain.

potensi uranium dalam mamuju adalah dan paling pas dalam indonesia. oleh karenanya pemanfaatannya mesti waspada dan dikelola supaya kemakmuran rakyat, bukan menguntungkan bagian luar, tutur rauf saat dikontak di makassar, senin.

menurutnya, pemanfaatan uranium bukan cuma agar menghasilkan tenaga nuklir supaya kepentingan pertahanan, tapi serta untuk kebaikan ekonomi. misalnya, sebagai pltn dalam mendukung ketersediaan listrik pada sana, ujarnya.

dia menyampaikan sadar ataupun tak kandungan uranium pada sulawesi barat sudah disukai ada negara-negara sulit, termasuk amerika serikat, rusia, china, serta banyak negara sulit yang lain.

Informasi Lainnya:

oleh karena itu, kata dia, pemerintah tidak boleh gegabah apabila memiliki rencana mengelola sumber energi itu.

kalau untuk kepentingan ekonomi domestik serta mengikuti kebutuhan ketersediaan pasokan listrik, kata sarkawi, dengan demikian reaktor nuklir untuk pembangkit listrik mampu didirikan pada sulbar.

kalau kita mampu memanfaatkan uranium dijadikan sumber energi listrik, daerah ini akan berkembang juga tidak akan sudah kekurangan listrik. hanya saja kita belum miliki teknologi supaya memanfaatkan uranium, tutur rauf.