Gubernur Sulteng pertegas soal Poso ke Konjen AS

gubernur sulteng longki djanggola mengatakan status keamanan serta dampak konflik selama kabupaten poso terhadap wilayah sulawesi tengah dengan keseluruhan pada hadapan konsul konsulat jenderal amerika serikat joaquin monserrate bersama jajarannya pada palu, selasa sore.

longki djanggola menyatakan gangguan keamanan yang kerap terjadi pada poso sama pilihan tak mempengaruhi kondisi keamanan dengan keseluruhan selama sulawesi tengah.

poso ya poso. sama pilihan poso tak mempengaruhi kota palu serta daerah yang lain di sulawesi tengah, papar longki.

dia mengatakan orang luar menikmati poso sama dengan menikmati Satu sulawesi sedang makanya terbentuk opini seakan-akan gangguan keamanan pada poso serta pengaruhi keamanan se sulawesi tengah.

poso tersebut Satu dari 11 kabupaten dan kota selama daerah kami, ujarnya.

Baca Juga: Dealer Honda - Harga dan Informasi Mobil Honda - Dealer Honda Jakarta - Mencari Dealer Honda

data statistik papar longki serta menunjukkan tidak kehadiran pengaruh gangguan keamanan poso terhadap pertumbuhan ekonomi pada sulawesi tengah yang pada 2012 mencapai 9,27 persen.

pertumbuhan tersebut jauh di atas rata-rata nasional yang hanya 6,23 persen.

logikanya apabila keamanan selama poso mempengaruhi sulawesi tengah tentu ekonomi selama daerah ini hancur-hancuran, katanya.

longki menungkapkan gangguan keamanan pada poso beberapa waktu terjadi hanya karena ketidaksenangan orang tertentu terhadap aparat kepolisian.

sementara tersebut wakin, panggilan joaquin monserrate menyampaikan hingga ketika ini orang asing terutama kalangan investor mengangap poso masih menakutkan.

pendapat investor barat tetap khawatir walaupun ada pengamanan, ujarnya.

wakin mengatakan pilihan masa kemarin dirinya telah berkunjung ke poso dan berkesimpulan bahwa orang poso tidak ingin lagi banyak konflik pada daerah tersebut.

wakin bersama beberapa pejabat di konsulat jenderal amerika serikat di surabaya melihat telah adanya kemajuan di wilayah ini.

dia menyampaikan situasi tersebut berbeda ketika dirinya berkunjung ke sulawesi sedang sekitar 10 tahun lalu. kelihatan kota ini lebih berkembang, pembangunan dimana-mana, katanya.

menurut rencana wakin bersama rombongan hendak berada dalam palu hingga kamis (4/4) selanjutnya mau menuju makassar, sulawesi selatan.