Korea Selatan-AS perpanjang kerja sama nuklir

korea selatan dan amerika serikat (as) sepakat memperpanjang kerja sama nuklir objek wisata damai pada dua tahun.

korea selatan harapkan perpanjangan tersebut memungkinkan seoul membeli bahan bakar nuklir sendiri.

perjanjian dan ditandatangani pada 1974 itu akan berakhir tahun depan.

perpanjangan perjanjian disepakati agar memungkinkan lebih banyak perundingan perihal topik hangat dan memungkinkan korea selatan memroses ulang batang bahan bakar yang dimanfaatkan.

Informasi Lainnya:

kedua belah bagian mencapai kesepakatan tetapi tenntang upaya mengubah kesepakatan yang ada pada dua tahun dengan alasan mereka membutuhkan lebih banyak waktu, tutur juru bicara kementerian luar negeri cho tai-young seperti dikutip afp.

korea selatan berpendapat pihaknya usah memproduksi bahan bakar nuklir sendiri untuk mengikuti pemakaian 23 reaktor yang mempunyai sepertiga daripada kebutuhan energi serta menguras stok batang bahan bakar bekas dan dikatakan sudah mencapai kapasitas penuh.

amerika serikat telah menolak dengan alasan proliferasi, karena pengolahan terserah menghasilkan cadangan plutonium terpisah yang lalu bisa diperkaya ke tingkat yang memadai supaya senjata.

korea selatan telah mengusulkan jenis pemrosesan pyro, teknik masih yang dianggap kurang kondusif supaya proliferasi karena menyisakan plutonium terpisah yang bercampur melalui senyawa fisil tidak berbahaya.

topik yang memungkinkan korea selatan untuk memproduksi bahan bakar nuklir sendiri merupakan lebih serius seiring dengan upaya korea utara menyebabkan situs senjata nuklirnya.

hal itu telah menyebabkan meningkatnya seruan dari grup minoritas berpengaruh pada korea selatan agar negara itu bisa melakukannya sendiri dari selalu bergantung pada payung nuklir as.