Masalah anggaran blokir Kemendikbud segera selesai

pelaksana tugas menteri keuangan hatta rajasa meyakinkan masalah anggaran kementerian pendidikan serta kebudayaan yang terkena blokir akibat problem administrasi, segera beres di akhir april.

harus tuntas, namun `governance`nya mesti betul, katanya di jakarta, selasa.

hatta mengatakan, masalah itu diselesaikan pas melalui tata kelola pencairan anggaran di kementerian keuangan, tergolong penyelesaian dana agar ujian nasional (un) dan sempat mengalami hambatan.

untuk un hari ini saya telah sahkan surat ke dpr, terserah nanti yang lain, berbagai Salah satu persatu aku cek, katanya.

Informasi Lainnya:

direktur jenderal anggaran herry purnomo menambahkan, ada proses pendalaman tenntang klarifikasi juga prinsip dan belum pas ajaran tenntang pencairan dana di kementerian pendidikan dan kebudayaan.

klarifikasi itu diantara lain tenntang pengalokasian dana yang tidak pas rencana kerja pemerintah dan tak melalui pertemuan dipercaya agar anggaran un, oleh karenanya sempat tidak bisa cair pas prosedur.

ini dan kita selesaikan dalam Satu ataupun dua hari. jangan sampai ada dan saling menyalahkan, intinya kita menjaga `governance`, tutur herry.

menurut herry, penyelesaian proses administrasi itu tidak perlu menunggu masa reses dpr tuntas, karena komunikasi antara kementerian studi juga kebudayaan dengan komisi x dpr tetap berjalan.

saya kira teman-teman kemendikbud ada komunikasi dengan dpr, sebab walaupun reses, saya melayani pilihan surat persetujuan, ujarnya.

dalam dipa tahun anggaran 2013, kementerian studi dan kebudayaan membeli pagu rp73,08 triliun, namun sebesar rp62,06 triliun serta 84,9 persen dari anggaran itu mengalami blokir.

anggaran itu mengalami blokir karena sampai ditetapkannya keppres no 37 tahun lalu perihal rapbn 2013 dan diserahkannya dipa pada presiden di desember kemarin, belum mendapatkan persetujuan komisi x dpr ri dan belum dilengkapi tor juga rab.

sedangkan sisa anggaran sebesar rp11,01 triliun ataupun 15,1 persen tak diblokir sebab merupakan aktifitas yang harus dibayarkan juga dimiliki awal tahun yaitu pembayaran gaji serta operasional perkantoran.

dari anggaran dan terblokir tersebut, sebanyak rp543,44 miliar adalah dana supaya model ujian nasional dengan target peserta 14.080.619 siswa serta unit cost sebesar rp39.000 per siswa.

setelah diselenggarakan pembahasan diantara kementerian studi dan kebudayaan melalui komisi x dpr ri, terdapat perbedaan alokasi anggaran yang disetujui dpr ri dengan pagu anggaran per program yang ditetapkan keppres no 37 tahun kemarin.

dalam rincian anggaran yang disetujui komisi x dpr ri, dana untuk kegiatan ujian nasional ditetapkan sebesar rp644,27 miliar dengan target audien 12.223.453 siswa dan unit cost sebesar rp53.000 per siswa.

kemudian, selama rapat koordinasi tingkat menteri, disimpulkan bahwa penyelesaian masalah blokir ini mesti tetap menjaga tata kelola (governance) serta kelengkapan dokumen sesuai ketentuan perundangan berlaku di proses penganggaran.

menteri pendidikan dan kebudayaan lalu menyampaikan nota dinas pada menteri keuangan supaya memberi usul kunjungi blokir rp543,44 miliar mampu dipertimbangkan supaya ditetapkan melalui mengacu sasaran dan unit cost keppres no 37 tahun kemarin.

dirjen anggaran lalu mengesahkan revisi anggaran, tergolong pembukaan blokir untuk model ujian nasional sebesar rp543,44 miliar, sebab kontrak percetakan soal ujian paling lambat ditandatangani 11 maret 2013.

saat ini, baru banyak anggaran un tersisa rp100,828 miliar dan merupakan selisih dari pagu anggaran dan disetujui komisi x dpr ri dengan keppres no 37 tahun 2012 yang tengah di proses pencairan sesuai prosedur.