Kepala BNP2TKI: KBRI Qatar cekatan tangani TKI

kepala badan nasional penempatan juga perlindungan tenaga kerja indonesia (bnp2tki), moh jumhur hidayat, memuji kedutaan besar ri (kbri) selama qatar karena cekatan keluar dari masalah tki serta bekerja keras mempromosikan potensi tki pada negara itu.

kbri qatar bahkan sangat proaktif mengupayakan promosi tki formal dalam seluruh sektor pekerjaan dengan menggandeng pengguna perusahaan serta kalangan agensi perekrut tenaga kerja asing. hal ini tentu upaya signifikan ke arah penetrasi pasar kerja pada qatar agar para tki formal berkualitas, ujar jumhur pada yogyakarta, jumat.

ia menceritakan di kunjungan kerjanya di qatar, minggu-rabu (31 maret - 3 april) 2012, telah menyaksikan langsung aspek penanganan tki dengan kbri dalam qatar yang termasuk menarik dan terencana terlebih pada menuntaskan setiap permasalahan tki plrt.

di bawah kewenangan duta besar ri dalam qatar, deddy saiful hadi, tingkat permasalahan tki plrt yang mengadu atau dijadikan tki kaburan ke kbri betul-betul mendapat fokus serius, makanya angka para tki tak menumpuk pada shelter/penampungan kbri, jelas jumhur.

Baca Yang Lain: Website Toko Online Murah - Jasa Pembuatan Toko Online Murah - Pembuatan Toko Online - Pembuatan Toko Online

menurut dia sedikitnya 50 tki plrt selama setahun merupakan tki kaburan dan datang ke gedung kbri qatar, dengan beragam persoalan mulai gaji tidak dibayar, korban kekerasan fisik, pelecehan seksual, perhatian tidak pas perjanjian kerja, akibat kecelakaan pada website kerja/rumah majikan, sakit, juga sebagainya.

kbri qatar, tutur jumhur, tidak sudah mengabaikan kasus-kasus tki plrt dan terjadi pada negara tersebut. melalui demikian, jumlah tki bermasalah di kbri pun kerap teratasi selama masa singkat sebab telah ditangani dengan prosedur segeralah, sigap, serta efisien.

kbri qatar sangat peduli dengan berbagai masalah tki, termasuk aktif mengerjakan pemulangan para tki bermasalah ke tanah air jika mesti dengan skema penyelesaian pada tanah air, katanya.

sementara itu, pada menerima keberadaan kaum tki formal, kbri dipandang jumhur bisa berperan aktif dan komunikatif melalui penciptaan forum-forum kekeluargaan, karenanya tidak heran kbri qatar dibaratkan properti nyaman kepada para tki formal yang tersebar di seluruh qatar.

berdasarkan data pusat penelitian, pengembangan, serta Informasi (puslitfo) bnp2tki, kurang lebih 32 ribu tki berada selama qatar dengan ada besar terdiri tki plrt dan sisanya berusaha pada perusahaan perminyakan, gas, keperawatan, hospitality, dan jasa keuangan.

jumhur menungkapkan qatar sejauh ini berkembang pesat di kemajuan teknologi, pembangunan infrastruktur, pusat bisnis, dan lebih istimewa sebagai kawasan termaju di negara-negara teluk dan banyak dalam timur tengah.

qatar berpenduk 1,8 juta jiwa melalui masyarakat benar berkisar 350 ribu pihak, selebihnya mewakili para imigran semisal india, pakistan, asia, dan afrika. qatar serta negara melalui penghasilan perkapita tertinggi pada dunia yakni 106.000 usd per tahun.

selain berkoordinasi di menangani permasalahan tki plrt dengan kbri qatar, jumhur serta meninjau para tki plrt bermasalah yang ada di kbri, berdialog melalui para tki sektor formal meliputi kewajiban penggunaan kartu tenaga kerja luar negeri (ktkln) agar seluruh tki, serta mengadakan sejumlah pertemuan dengan unsur pemerintah, qatar chambers of commerce and industry, serta bagian agensi perekrut tenaga kerja asing untuk memperluas bisnis penempatan tki berkemampuan formal pada qatar.