Sayembara hotel "Prambanan" berhadiah ratusan juta

pt. taman wisata candi (twc) borobudur, prambanan juga ratu boko (persero) serta ikatan arsitektur indonesia (iai) mengadakan sayembara pembuatan desain hotel prambanan yang hadiah utamanya senilai rp. 125 juta.

hotel itu diharapkan mau terletak dalam wilayah iii candi prambanan serta selama luar wilayah utama candi prambanan.

direktur pt. twc borobudur, prambanan juga ratu boko purnomo siswoprasetjo menungkapkan ketika ini twc memerlukan info inap serta hotel untuk menerima wisatawan domestik maupun asing, menyusul kasus wisatawan twc semakin meningkat tiap tahunnya dan nilai layanan hotel yang banyak di sekitar candi prambanan baru kurang.

tak hanya itu, diharapkan hotel itu juga ingin menambah lapangan pekerjaan orang kurang lebih prambanan semisal wisata andong (kereta kuda), naik sepeda agar melihat kampung prambanan, penambahan grup sendratari ramayana bahkan ada yang dipekerjakan dijadikan pegawai hotel.

Informasi Lainnya:

intinya apa pengunjung hendak menetap lebih berlarut pada prambanan. selama sana (hotel), kita hendak menunjukan budaya-budaya indonesia semisal tari, katanya ketika menggelar jumpa media pada jakarta selama rabu (17/4).

ketua badan penghargaan dan sayembaraa iai ruben tangido menyampaikan hotel mau memiliki multifungsi semisal ruang pertemuan, musium artifak serta perpustakaan.

peserta sayembara dapat diikuti arsitektur indonesia dan memiliki sertifikasi arsitektur madya.

saat ini peserta yang daftar sudah 20 pihak serta tak diharamkan arsitektur asing, katanya.

pendaftarannya sudah dibuka daripada awal april juga mau berakhir dalam 13 mei 2013. hotel tersebut ingin berdiri di atas lahan 3 hektar melalui ketinggian hanya 14 meter serta dua lantai.

persyaratannya, luas bangunan harus 60 persen dan lahan hijau seluas 40 persen dan bangunannya harus membeli struktur non-foot-print (pondasi tanpa mengakibatkan jejak).

pemenang ingin dilibatkan dalam pelaksanaan pengembangan rancangan ded (lengkap engineering design) dalam tahap seterusnya.

tidak hanya berfungsi hotel, akan tetapi ada ruang pertemuan, museum dan perpustakaan, kata ruben.

saat ini purnomo tak bisa memberikan rincian dana investasi dan nama hotel itu menanti hasil sayembara desain diumumkan.

pembangunan hotel itu hendak diselenggarakan selama oktober 2013 dan waktu pengerjaannya menelan masa 18 bulan.